Tips Merawat Kehamilan

Kehamilan

Kehamilan

Selama 9 bulan mengandung, Bunda pasti ingin menjaga agar kehamilan Bunda berjalan lancar dan kesehatan Bunda dan si kecil dalam kandungan terjaga dengan baik. Simak beberapa hal berikut ini yang perlu Bunda perhatikan dalam merawat kehamilan Bunda.

Menjaga Pola Makan Sehat
Pola makan sehat dengan makanan dan minuman yang bergizi sangat berpengaruh pada kesehatan Bunda dan si kecil dalam kandungan. Untuk menjaga pola makan sehat, Bunda bisa melakukan hal-hal berikut ini:
1. Perhatikan asupan nutrisi Bunda. Kebutuhan kalori harian Bunda tidak bertambah pada trimester pertama, tapi bertambah 300 kalori per hari pada trimester kedua dan 450 kalori per hari pada trimester ketiga.
2. Hindari makanan mentah atau setengah matang seperti sushi, telor setengah matang, susu yang tidak dipasteurisasi, dan keju yang dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi. Hentikan konsumsi alkohol dan kurangi konsumsi kafein
3. Disiplin mengkonsumsi suplemen ibu hamil yang diberikan dokter kandungan
4. Pantau kenaikan berat badan Bunda. Bila berat badan Bunda normal, maka berat badan Bunda umumnya akan naik 1 – 2,5 kg selama trimester pertama, dan naik sekitar setengah kg setiap minggu selama trimester kedua dan ketiga.
5. Makanlah lebih sering dengan porsi lebih kecil, terutama bila Bunda mengalami muntah-muntah yang cukup parah.

Berolahraga Dengan Teratur
Tetap aktif dan berolahraga selama masa kehamilan akan menjaga stamina Bunda dan akan sangat membantu pada saat proses persalinan. Perhatikan hal-hal berikut ini agar Bunda bisa tetap berolahraga dengan aman selama masa kehamilan:
1. Sebelum mulai berolahraga, konsultasikan jenis olahraga yang akan Bunda lakukan dengan dokter.
2. Pakailah pakaian olahraga yang tidak mengganggu gerakan Bunda, seperti celana longgar dengan karet pinggang yang elastic serta sepatu yang memungkinkan kaki Bunda untuk bernafas.
3. Olahraga singkat selama 10-15 menit 2 kali sehari sebanyak 3 kali seminggu bisa jadi rutinitas olahraga awal Bunda. Setelah itu, tingkatkan durasi dan frekwensi olahraga Bunda secara perlahan sampai menjadi selama 30-45 menit olahraga dengan tingkat kesulitan sedang sekitar 3 kali seminggu.
4. Hindari olahraga yang mengharuskan Bunda berlari di permukaan yang keras, melompat, atau berubah arah secara tiba-tiba.
5. Waspadalah terhadap rasa sakit atau tidak nyaman dalam bentuk apapun. Bila Bunda merasa sakit, pusing, atau tidak nyaman, dan perasaan tersebut tidak hilang bahkan setelah Bunda beristirahat, segera hubungi dokter Bunda.

Beristirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup sangat diperlukan selama masa kehamilan. Bila hormon kehamilan dan perubahan bentuk tubuh mulai mengganggu tidur Bunda, cobalah hal-hal seperti bantal khusus ibu hamil dan latihan relaksasi. Hindari stress yang bisa membuat Bunda semakin sulit tidur.

Selama masa kehamilan, Bunda perlu menghindari tidur telentang. Sebaiknya Bunda tidur menyamping untuk mengalirkan darah ke janin, rahim, dan ginjal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s